Minggu, 13 April 2014

Makanan dan Minuman Khas Demak



Bakso Balungan


satu makanan khas Demak yang dikenal sebagai Kota Waliadalah bakso balungan. Dinamai bakso balungan (tulang) karena bakso yang disajikan tidak melulu hanya bakso, gulungan daging giling yang diberi kuah. Bakso yang satu ini dikompliti dengan potongan tulang-tulang yang masih berbalut irisan daging. Kadang terdapat pula tulang muda yang renyah dimakan.

Bakso balungan ini muncul dari bisnis soto kerbau yang menjadi ciri khas soto di kawasan Demak, Kudus, Pati, dan sekitarnya. Kalau daging kerbau banyak dipakai untuk soto dan rawon, tulangnya dimanfaatkan untuk campuran bakso.

Kenikmatan bakso balungan bukan terletak pada bakso itu sendiri, melainkan cara menikmati dan menggerogoti serpihan daging pada potongan tulang inilah yang mengasyikan sehingga sering kali membuat penikmat bakso ketagihan. Tiap porsi biasanya di hargai Rp 6000, dan tentunya ini sangat menjangkau kantong semua kalangan masyarakat.

Beberapa penikmat bakso di Demak mengakui bakso balungan merupakan bakso yang beda dengan bakso yang lain. Apalagi jika menemui warung bakso yang sudah terkenal dengan Rasanya nikmat dan cara mengolah tulang pun sudah pas, yakni tidak alot serta sudah renyah. Ini berkat rebusan tulang yang disesuaikan untuk menjaga tidak terlalu mentah atau terlalu matang sehingga tak mudah hancur.

Jika anda berwisata ke daerah Demak, janganlah lupa untuk menikmati makanan hangat dan lezat ini. Selamat mencoba dan semoga anda ketagihan setelah mencicipinya.


Wedang Pekak

Wedang Pekak adalah minuman tradisional khas dari Kabupaten Demak. Wedang Pekak sangat cocok diminum ketika berada di daerah dingin, atau di malam hari. Minuman ini dinamakan Wedang pekak karena terbuat dari daun pekak (daun lawang, Illicium verum) yang berguna untuk menghangatkan badan.
Bahan untuk membuat wedang pekak adalah gula putih, air, serai, daun pandan, cengkih, buah pekak, jahe, merica bubuk, kayu manis.

Nasi Ndoreng 
 
Nasi Ndoreng adalah masakan khas dari Demak. Pada event Megengan di Alun-Alun Demak, Nasi Ndoreng mudah dijumpai. Nasi Ndoreng[1] terbuat dari campuran Nasi, Urap (yaitu berbagai macam sayur-sayuran), Pelas (Botok).

Nasi Brongkos

Nasi Brongkos adalah masakan khas dari Kabupaten Demak. Nasi Brongkos adalah masakan yang menjadi santapan pagi alias untuk sarapan.Bahan membuat nasi brongkos adalah buah kentang, buncis, kacang merah, santan, serai, jahe, lengkuas, daun salam, minyak goreng, Garam. Sedangkan bumbunya terbuat dari nangka muda, bawang putih, bawang merah, asam jawa, gula.

Botok Telur Asin

Botok Telur Asin adalah masakan khas dari Demak, Masakan Botok Telur Asin [2]kini tidak hanya di Demak tapi sudah ada dimana-mana hingga di Jakarta dapat ditemukan masakan ini.Bahan untuk membuat Botok Telur Asin adalah telur asin mentah, tahu, kelapa parut kasar, cabai merah besar, daun salam, cabai rawit merah, daun pisang, air. Sedangkan bahan bumbu Botok Telur Asin adalah bawang merah, bawang putih, lengkuas, kencur, garam, gula merah.

Asem-Asem Daging

Asem-Asem Daging atau Asem-Asem Demak merupakan masakan khas dari Kabupaten Demak. Meskipun berasal dari Demak namun Asem Asem Daging juga terdapat di daerah lain di Jateng, DIY dan Jatim.Asem-Asem Demak terbuat dari beberapa bahan yaitu daging sapi, kacang panjang/ buncis, tomat hijau, bilimbing wuluh. Sedangkan bumbunya terbuat dari bawang merah, bawang putih, daun salam, laos, cabe merah besar, Kecap manis, garam dan merica.


4 komentar:

  1. wah makanan demak kayaknya enak juga, kpan" bawa ke kos roy

    BalasHapus
  2. lebih banyak lagi ya roy,,tinggal di edit lg jadi lebih baik,, kontras warnanya roy.

    BalasHapus
  3. http://tokonafis.blogspot.com/2014/05/cream-walet-asli-pemutih-wajah-alami.html

    BalasHapus
  4. CREAM PEMUTIH WALET ASLI | PEMUTIH WAJAH ALAMI
    CREAM PEMUTIH WALET ASLI OBAT PEMUTIH DAN PENCERAH WAJAH ALAMI
    Cara Pemutih Wajah Cream Walet Sarang burung walet telah digunakan pada masa dinasti Ming di abad 15. Konon, salah satunya adalah efek mendinginkan dari sarang burung walet mencegah kekeringan dalam tubuh sehingga membantu Cara merawat kulit awet muda, bebas keriput, sekaligus tetap mulus.
    Untuk membuktikannya beberapa penelitan terhadap cream wallet atau sarang burung walet dilakukan, dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa Cream Pemutih wajah cream walet murni atau sarang burung walet mengandung glyco protein yang berkhasiat memerbaiki daya tahan tubuh dan membersihkan paru-paru, serta mengandung growth factor yang meregenerasi sel dan meningkatkan kolagen kulit.

    Toko Nafis

    Call / sms ; 0813 2543 2212
    Pin BB ; 7D F18 F28

    BalasHapus